KOPERASI PERAN SERTA WANITA INDONESIA

image Follow Us:

                         Kata Pengantar Ketua Dewan Pengawas KOPERWAN

 

Oleh : Ibu Hj. Endang A. Syarwan Hamid, S.IP.

Assalamualaikum Wr. Wb
Selamat siang dan salam sejahtera bagi kita semua.

    Marilah sama-sama Bapak dan Ibu sekalian kita panjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT karena kita masih diberi kesempatan, diberi kesehatan kekuatan dan mendapatkan ridhonya sehingga kita bisa berkumpul di Gedung Kantor Kementerian Koperasi dan UMKM RI yang sangat luar biasa bagi kemajuan Koperasi Indonesia.

    Pertama-tama kami ingin mengucapkan terimakasih dan penghargaan, khususnya kepada Bapak Deputi III Bidang Pembiayaan UMKM Kementerian Koperasi & UMKM Republik Indonesia. Pendiri dan pengurus koperasi serta Bapak Pariyaman sebagai staf ahli, kemudian dokter dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI.
Kelihatannya ini bukan mitra kerja jadi agak kikuk, mohon maaf kami kemarin di Komisi XI, mitranya Kementerian Kesehatan, Kementerian Tenaga Kerja, BNP2TKI, kemudian Infokom. Jadi ini beda sekali urusannya. Kalau kemarin urusan kesehatan sekarang urusan perut.

    Yang saya cintai Ketua Umum Ibu Hj. Andi Idhanursanty dan Pengurus Koperwan, Ibu-Ibu Ketua Koperwan Daerah dari seluruh Indonesia yang sudah hadir pada kesempatan ini saya ucapkan selamat datang, semoga kita semua diberikan kesehatan sehingga acara ini dapat selesai dengan sukses dan kita dapat mengemban amanah koperasi ini sebagaimana yang kita harapkan dan masyarakat Indonesia inginkan.

    Bapak dan Ibu sekalian, saya selaku Ketua Dewan Pengawas Koperwan, ini pekerjaan yang sangat baru buat saya tetapi saya paham koperasi itu sejak kecil. Tadi saya ngobrol dengan Pak Pariyaman “Pak Pariyaman Koperasi ini saya paham sejak kecil tetapi saya tidak tahu sebenarnya koperasi ini maju apa tidak gitu, karena pada saat kami tiba reses ke daerah kalau orang petani mau cari bibit, mau cari pupuk itu susahnya setengah mati”.
Dulu ada KUD sehingga mau cari apa aja mudah, sekarang cari pupuk saat dibutuhkan petani bahkan sampai masa tanamnya lewat pupuknya tidak datang-datang sampai hari ini.
Jadi sebetulnya Koperasi itu ada atau tidak, itu tadi yang kita bicarakan dengan Pak Pariyaman. Kata Pak Pariyaman maju surutnya lebih banyak surutnya.
Kita berharap Koperwan ini bisa memberikan kontribusi kepada Rakyat Indonesia, agar Masyarakat ini merasa bahwa Koperasi ini ada, bukan tiada.

    Bapak ibu sekalian yang saya hormati, RAT adalah sebagai bentuk pertanggung jawaban para pengurus dengan anggota walaupun baru berjalan 2 tahun dalam menjalankan fungsi dan program koperasi yang bermanfaat bagi pengurus dan anggota serta rakyat masyarakat luas. Masing-masing dengan hak dan kewajibannya bahwa koperasi banyak sekali memberi manfaat dalam meningkatkan kesejahteraan. Koperasi tidak dapat berjalan dengan sukses bilamana pengurus dan anggota mampu menjalankan fungsi serta hak dan kewajibannya secara disiplin, transparan dan profesional. Sebagaimana kita sepakat bahwa koperasi tidak sama dengan koperasi di era-era sebelumnya. Koperasi harus profesional. Karenanya dalam kegiatan RAT ini kita dapat bersama-sama mengevaluasi atas temuan kinerja dan program baik yang berhasil maupun yang belum berhasil.

    Kita sama-sama tidak menginginkan koperasi ini dalam kondisi hidup dan mati tak mau. Kita menghormati Bapak Pendiri Koperasi Bapak Muhammad Hatta sebagai Bapak Koperasi. Koperasi sebagai Soko Guru Ekonomi Indonesia dan saat ini dan seterusnya kita melanjutkan perjuangan agar Koperasi mampu menjadi Soko Guru Ekonomi Indonesia. Namun harapan tersebut belum sepenuhnya dapat tercapai, terlebih bila dibandingkan dengan jumlah penduduk yang jumlahnya cukup banyak hampir 240 juta jiwa. Dengan RAT Koperwan ini marilah kita sama-sama bertekad agar Koperwan menjadi salah satu koperasi yang turut serta dan bersaing dalam masyarakat ekonomi ASEAN.
    Keberhasilan Koperasi dalam memanagenya sangat ditentukan oleh anggota dan pengurusnya dalam bekerja kreatif, ikhlas, jujur serta disiplin dan profesional. Semoga Koperwan dapat mendapatkan pelajaran dari terlaksananya RAT. Dan pada akhirnya Koperwan dapat mengukir prestasi secara konsisten dan berkelanjutan untuk kesejahteraan pengurus dan anggota maupun masyarakat.
    Selanjutnya kepada Bapak Menteri Koperasi dan UMKM RI yang diwakili oleh Deputi Pembiayaan Bapak Choirul. Kami menyampaikan penghargaan dan terimakasih atas perhatian yang diberikan. Koperwan adalah mitra kerja Kementerian Koperasi dan UMKM.
Kami siap bekerja secara khidmat dan profesional untuk memajukan dan mensukseskan program UMKM selain Koperwan. Semoga dengan semangat bahu membahu dan gotong royong kita sukseskan misi mulia Koperwan kemudian koperasi dan UMKM menuju masyarakat Indonesia yang sejahtera dan adil.

Saya kira itu yang dapat saya sampaikan, kami mohon maaf jika ada yang kurang perkenan dalam pelaksanaan hari ini.

Billahitaufiq Wal Hidayah
Wassalamualaikum Wr. Wb