KOPERASI PERAN SERTA WANITA INDONESIA

image Follow Us:

SAMBUTAN KETUA UMUM KOPERWAN
PADA ACARA PENGUKUHAN

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu Alaikum Wr.Wb.
Salam Sejahtera untuk kita semua
Om Suastiastu

1.    Yang terhormat Bapak Menteri Koperasi & UMKM RI, dalam hal ini diwakili oleh bapak Asisten Deputi urusan asuransi Drs. Totok Sugiyono. MM
2.    Yang terhormat Ibu Menteri Kesehatan yang diwakili oleh staf ahli Drg. Tini Suryanti M.Kes
3.    Yang terhormat ibu Menteri Sosial yang diwakili oleh Ibu Emmy Widayanti,
4.    Yang terhormat bapak Menteri Pariwisata yang diwakili oleh Deputi Kemenpar, Bapak Kasmanto AK, M.BA
5.    Yang terhormat Bapak Menteri Hukum dan HAM RI yang diwakili oleh Ibu Siwi Herawati,
6.    Yang terhormat kepala sekretariat Kompolnas Drs. Ahmad Juri M.Hum,
7.    Para ketua DPP Koperwan,
8.    Para ketua cabang serta seluruh anggota Koperwan yang kami muliakan.

Undangan hadirin yang berbahagia

Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga pagi hari ini kita dapat menghadiri acara Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Peran Serta Wanita Indonesia (KOPERWAN).
Terimakasih banyak kepada Kementerian Koperasi dan UMKM yang telah mengakomodir kegiatan Koperwan. Mulai diterima oelh Bapak Menteri sampai pengukuhan pada pagi hari ini yang bersejarah. Acara ini sudah barang tentu merupakan sikap Kementerian yang telah mengakomodir secara positif berkenaan dengan rencana-rencana kegiatan yang akan kami sampaikan kepada Kementerian dimana kesemuanya itu dilandasi dengan keinginan positif kami memajukan Koperwan sebagai salah satu pelaku Koperasi dalam rangka mewujudkan ekonomi kerakyatan. 

Ditengahnya pergerakan pasar yang mengarah kepada liberalistik secara tidak sadar akan mengakibatkan perubahan pasar, bagaimana persaingan harga berlaku. Para pemodal kuat dengan produksi massal akan bisa menjual barang dengan harga yang lebih murah. Sehingga usaha koperasi dan UMKM akan tidak mampu bersaing. Penguasaan pasar oleh produk-produk impor dengan harga yang murah jelas akan semakin merajalela yang pada akhirnya akan mematikan produksi lokal.


Keadaan inilah yang harus mampu kita siasati sehingga setidaknya produksi local mampu bersaing di pasar sendiri. Beruntung kita bahwa UU No. 17 Tahun 2013 tentang Perkoperasian telah mengatur dan mengakomodir berbagai kepentingan ekonomi kerakyatan kita sehingga koperasi diberikan proteksi yang cukup bagi setiap kegiatan dan pengembangannya. Ditambah pula keterbukaan dari Kementerian Koperasi dan UMKM untuk mengakomodasikan berbagai kegiatan perkoperasian yang bertujuan untuk memberikan transparan kepada seluruh anggota dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Maka suatu keniscayaan bahwa koperasi akan mampu eksis dalam perekonomian kita. Sudah barang itu ini tidak bisa didapatkan dengan mudah, perlu kerja keras upaya yang tanpa kenal lelah dari kami semua jajaran Koperwan. Dan untuk itu kami tidak hanya membutuhkan bantuan moril dari Kementerian melainkan juga petunjuk-petunjuk serta kesempatan untuk pengembangkan diri. Kami juga mohon untuk ditegur apabila ada hal yang tidak sepantasnya dilakukan dalam hal ini yang bertentangan dengan kebijakan Kementerian atau bahkan tidak mungkin bertentangan dengan UU Perkoperasian.Kami bertekad untuk berkembang, untuk maju dan menjawab berbagai tantangan. Oleh karena itu juga kami mohon doa restu.

Bapak Menteri dan segenap jajaran di Kementerian Koperasi dan UMKM yang kami hormati sekali lagi  kami sampaikan apresiasi dan penghargaan atas kesedian Bapak dalam Pengukuhan Kepengurusan Koperwan 2012-2017. Dan juga kami minta permohonan maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan kepada bapak-ibu sekalian. Dan semoga niat-baik kita semua akan mendapatkan Ridho dan berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin.

Billahitaufiq wal Hidayah
Wassalamu Alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera untuk kita semua
Om Shanti Shanti Shanti Om