KOPERASI PERAN SERTA WANITA INDONESIA

image Follow Us:

KOPERWAN CABANG KABUPATEN BANDUNG BARAT KERJASAMA DENGAN KOPERWAN PUSAT ADAKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN

Koperasi Peran Serta Wanita (KOPERWAN) pusat  telah  menjalin kerjasama dan mendapatkan kepercayaan dari  Balai Besar Peningkatan Produktivitas (BBPP) Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen. Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia  untuk melaksanakan beberapa paket pelatihan di bidang pengembangan kewirausahaan. Di antaranya adalah pelatihan kewirausahaan beternak ayam broiler/unggas. 
Sebagaimana diketahui  bahwa  industri peternakan  ayam broiler berkembang cukup pesat dan mempunyai prospek relatif  baik jika dikelola secara benar dan profesional.   Beternak  ayam broiler dapat dilakukan dalam skala kecil sebagai upaya peningkatan pendapatan  bagi masyarakat menengah-bawah.  Dalam hubungan itulah pelatihan ini dilaksanakan, untuk  meningkatkan keterampilan dan pengetahuan para peserta pelatihan, yang sebagian  besar merupakan  warga masyarakat menengah-bawah. Mengenai teknis  beternak  ayam broiler; dan untuk mendukung  pengembangan usaha ini, kepada peserta dibekali juga  materi  mengenai kewirausahaan, motivasi  dan  pengelolaan keuangan.    
Diharapkan  setelah megikuti pelatihan ini, semangat kewirausahaan tumbuh dan berkembang  di dalam diri peserta pelatihan dan mereka memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan keterampilan dan pengetahuan yang diperolehnya selama mengikuti pelatihan. Lebih jauh lagi, para peserta pelatihan dapat menularkan semangat, pengetahuan dan keterampilannya kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya, sehingga mereka menjadi pioner dan penggerak (dinamisator)  bagi lingkungannya.
Untuk merealisasikan kerjasama antara KOPERWAN PUSAT dengan BBPP Kemenaker RI di atas, maka  KOPERWAN PUSAT menunjuk  KOPERWAN  Cabang Kab. Bandung Barat sebagai pelaksana pelatihan ini, karena di daerah  ini potensi pengembangan industri peternakan ayam broiler cukup bagus, dan jumlah warga yang bermata pencaharian di bidang peternakan  juga relatif cukup banyak, sehingga  penunjukan KOPERWAN Kab. Bandung Barat sebagai pelaksana pelatihan dianggap cukup tepat dan relevan.

KOPERWAN KBB sendiri, setelah menerima  Surat Keputusan penunjukan sebagai pelaksana pelatihan ini  segera membentuk kepanitiaan yang akan bertanggung jawab secara teknis dalam penyelenggaraan pelatihan ini.  Tanggung  jawab panitia pelaksana  adalah mempersiapkan segala sesuatunya  untuk  kelancaran  pelaksanaan pelatihan tersebut sehingga  terselenggara pelaksanaan pelatihan yang efektif dan tercipta suasana pelatihan yang kondusif.  Pelaksanaan pelatihan ini  bertepatan dengan bulan suci ramadhan, sehingga  jadwal waktu pelaksanaannya pun  disesuaikan dengan     kegiatan warga masyarakat yang sedikit berbeda dengan bulan-bulan lainnya.  Dengan adanya penyesuaian tersebut, maka diharapkan  pelaksanaan pelatihan tidak mengganggu kekhusyukan ibadah puasa.
Pelatihan ini dilaksanakan di pondok pesantren modern Darul Mukhlisin yang beralamat di Kp. Kubangsari, Desa Tenjolaut kecamatan Cikalong wetan Kabupaten Bandung Barat mulai dari tanggal 30 Juni 2015 hingga 3 Juli 2015. Terpilihnya pesantren ini sebagi tempat pelatihan karena di lokasi ini tersedia sarana dan fasilitas pelatihan yang memadai dan mendapat persetujuan  pihak pengelola pesantren untuk dipergunakan sebagai tempat pelatihan. Selain itu, di sekitar lokasi ini memang berkembang usaha peternakan unggas sehingga  melalui pelatihan ini,   daerah ini kelak   bisa terwujud  menjadi sentra industri peternakan ayam broiler.
Untuk acara seremonial peresmian pembukaan pelatihan dilakukan  oleh KOPERWAN KBB yang ditandai dengan penyematan tanda peserta  kepada 2 orang wakil peserta pelatihan. Acara pembukaan dihadiri oleh undangan yang terdiri dari  aparat  desa Tenjpolaut, aparat kecamatan Cikalongwetan, dan beberapa dinas di lingkungan pemerintah Kabupaten Bandung Barat dan diakhiri dengan acara buka puasa bersama.
Demikian juga acara seremonial penutupan  dilakukan dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada wakil peserta pelatihan oleh pejabat BBPP Ditjen. Binalattas Kemenaker RI yang didampingi oleh KOPERWAN KBB, dan diakhiri dengan kegiatan foto bersama.