KOPERASI PERAN SERTA WANITA INDONESIA

image Follow Us:

KOPERWAN CABANG BOGOR
 ADAKAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN


Bisnis Laundry ini mulai marak di awal tahun 1990-an. Awalnya hanya dilakukan secara rumahan atau di hotel-hotel mewah sebagai salah satu fasilitas bagi tamunya. Sebagian besar bisnis ini sifatnya waralaba atau franchise dari luar negeri. Bergesernya gaya hayati dan semakin sulitnya mencari pembantu rumah tangga merupakan alasan bagi sebagian orang buat menggunakan jasa mencuci baju atau laundry .  Usaha ini merupakan bentuk sederhana dari bisnis laundry , biasanya marak di daerah kos-kosan atau kontrakan, di mana penghuninya sangat sibuk dan tak sempat mencuci dan setrika. Kegiatan cuci-setrika diambil alih oleh penjaga atau pembantu. Pembayaran dilakukan biasanya di akhir bulan dan tarifnya pun tergantung dari kesepakatan.

Kepada peserta dibekali juga  materi  mengenai kewirausahaan, motivasi  dan  pengelolaan keuangan. Diharapkan  setelah megikuti pelatihan ini, semangat kewirausahaan tumbuh dan berkembang  di dalam diri peserta pelatihan dan mereka memiliki kemampuan untuk mengimplementasikan keterampilan dan pengetahuan yang diperolehnya selama mengikuti pelatihan. Lebih jauh lagi, para peserta pelatihan dapat menularkan semangat, pengetahuan dan keterampilannya kepada masyarakat di lingkungan sekitarnya, sehingga mereka menjadi pioner dan penggerak (dinamisator)  bagi lingkungannya.
Peserta pelatihan berjumlah 30 orang  terdiri dari Ibu Rumah Tangga & Wirausaha (terutama Laundry)

                                            

Pelatihan ini dilaksanakan di Elsana Transit Hotel  Jalan Sawojajar No.36 tanggal 06 Juli 2015 hingga 10 Juli 2015.  Materi  pelatihan dalam kegiatan ini  terdiri dari materi  pokok dan materi pendukung.  Materi pokok adalah materi  yang  berhubungan langsung dengan  tema utama kegiatan Pelatihan Pengembangan Kewirausahaan Laundry Kiloan, yang terdiri atas : (1) Kewirausahaan meliputi, Peningkatan dan Wawasan  Mengenai Produktivitas dan Motivasi (2) Teknis Usaha Laundry Kiloan meliputi Manajemen Usaha Laundry Kiloan dan Peningkatan Produktivitas  Usaha Laundry Kiloan & Pemasaran Usaha Laundry Kiloan (30) Study Lapangan Untuk  memperoleh  gambaran dan pengalaman  riil mengenai usaha Laundry Kiloan, peserta pelatihan  melakukan kunjungan ke “Orchid

                                                  

Brand Laundry Cleanique”, peserta menyaksikan  tata cara laundry dan melakukan tanya jawab dengan pihak pengelola laundry  tersebut. (4) Action Plan.
Kegiatan pelatihan ini diawali dengan sambutan  Kepala BBPP yang diwakili oleh Dra. Andi Asriyani Koke, MM.  kata sambutan juga disampaikan oleh kepala dinas Tenaha kerja kabupaten Bogor (Avat  Rasmana) kemudian dilanjutkan dengan penyematan name tag secara simbolis oleh ketua umum koperwan pusat Hj. Andi Idhanursanty